BAGAIMANA PENGERINGAN TINTA CETAK OFFSET?

Salam Sejahtera para Grafika, Bapak dan Ibu se-tanah air yang kami hormati,

A. SISTEM PENGERINGAN TINTA CETAK OFFSET

Kecepatan dan ketepatan mengering tinta merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan dari suati barang cetakan. Adapun jenis-jenis pengeringan tinta sebagai berikut :
  • Penyerapan dengan pori-pori kertas sehinga kertas yang licin kurang cepat menyerap molekul tinta.
  • Pengeringan dengan polimerisasi yaitu mengerasnya molekul-molekul tinta karena bersenyawanya dengan komponen yang ada pada kertas.
  • Pengeringan dengan oksidasi yaitu : beroksidasinya mplekul tinta dengan O2 setelah berada dipermukaan kertas.
  • Pengeringan dengan sinar ultra violet.
B. PENGARUH PENGERINGAN TINTA
  • Pengaruh pigmen. Ini terjadi terurai merata sehingga tidak diikat oleh bahan pengencer (terlihat pada tinta-tinta yang kasar)
  • Pengaruh bahan pengencer dan pasta pada saat pencetkan. Bahan pengencer yang tidak cocok akan memperlambat pengeringan tinta serta penambahan pasta yang terlalu banyak menyebabkan pengeringan tinta terganggu.
  • Pengaruh kertas meliputi; Daya Serap kertas terhadap tinta, sifat kimia dari kertas, kekerasan permukaan kertas
  • Pengaruh kelembaban udara : tingkat kelembaban yang terkandung diudara, kertas, kain karet, pelat menyebabkan terlambatnya pengeringan.
  • Pengaruh tingkat keasaman air pembasah. semakin asam cairan pembasah yang dipergunakan, semakin besar pengaruh terhadap pengeringan tinta.
C. BEBERAPA ISTILAH
  1. Kekentalan yaitu : daya alir tinta yang menunjukan kemudahan tinta mengalir diantara rol-rol tinta. Tinta yang sulit mengalir dinyatakan dengan kekentalan yang tinggi dan sebaliknya terhadap tinta yang rendah.
  2. Daya rekat adalah mudah tidaknya tinta melekat. Daya rekat terlalu tinggi menyebabkan daya lenturnya rendah. Bila daya rekat lebih tingi dari kekuatan yang menahan kertas, maka terlihat serat kertas tercabut.
  3. Kesepakatan adalab kemampuan tinta untuk menutupi bidang dibawahnya.
  4. Sifat tembus cahaya/transparasi ialah : tinta yang rendah daya tutupnya sehingga bidang dibawahnya masih cukup jelas.
  5. Sifat tahan lama adlaah ketetapan warna terhadap pengaruh radiasi cahaya matahari untuk jangka waktu lama. Sifat tinta demikian sangat baik untuk mencetak poster.

Semoga informasi ini dapat membantu kita semua ya.. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan!

Salam hangat,
PT. Grafa Intercontinental

Contact : +6221 4786 6077
WhatsApp : +6287 88938 1645
Instagram : @grafa_online
Tokopedia : GrafaOnline

Jl. Kayu Putih IV Blok C No.8,
Pulo Gadung,  Jakarta Timur 13260
Indonesia

© Copyright 2024 - Grafa
Website by Webtivia