BLANKET dalam teknik produksi cetak offset

Salam Sejahtera para Grafika, Bapak dan Ibu se-tanah air yang kami hormati,

teknik produksi cetak mencetak merupakan kegiatan yan menuntut pengetahuan dan keterampilan yang tinggi, karean secara teknik produksi umum penguasaan terhadap proses permesinannya harus dikuasai pula unsur seni yang dikandung dalam bentuk dan ujud calon barang cetakan. Lebih-lebih apabila ia sebagai pengusaha dibidang percetakan, maka kaki kirinya harus berpijak pada teknik produksi massal dengan menghasilkan produk yang bermutu tinggi dalam jumlah yang tepat dan tepat pula penyerahan. sedangkan pada kaki kanannya harus benar-benar memperhatikan kesempurnaan dan kelangsungan pelayanan. Karena perusahaan percetakan tergolong didalam usaha jasa melayani pemesanan yang berarti harus menjaga kepuasan terhadap pelayanan ketepatan waktu, mutu dan jumlah bahkan jika mampu bersaing dalam harga/biaya produksi.

Banyak jenis, macam dari teknik produksi cetak mencetak, tetapi teknik produksi cetak offset apalagi teknik produksi teknik cetak lembaran merupakan teknik produksi cetak yang rumit. Banyak permasalahan yang muncul dibanding dngan teknik produksi cetak mencetak yang lain.
Kerumitan itu muncul akibat adanya penggunaan air, penggunaan tinta proses yang bersamaan. Belum lagi dengan kertas yang berbentuk lembaran akan memunculkan masalah yang berbeda dengan kertas atau bahkan cetak lain yang berbentuk gulungan.

Syarat-syarat Lembar Blanket
Teknik cetak offset sebagai teknik cetak tidak langsung, memerlukan media perantara untuk mengalihkan lapisan tinta dari acuan cetak ke bahan cetkanya. Media perantara ini adalah silinder blanket yang dilapisi/diselimuti dengan lembar kain karet. Sebagai perantara, kain karet berfungsi menerima lapisan tinta dari silinder pelat dan memindahkan lapisan tinta itu ke kertas.

Untuk dapat menerima dan memindahkan lapisan tinta dengan sempurna, maka lembar kain karet dituntut beberapa persyaratan tertentu, yaitu :
1. Permukaan redup/tidak mengkilap, kondisi ini memungkinkan dapat menerima dan menyimpan sementara lapisan tinta sebelum dipindahkan ke kertas.
2. Pori-pori pada permukaan tetap terbuka baik.
3. Kekuatan yang merata diseluruh permukaan.
4. Kemungkinan mengembang sangat kecil.
5. Mudah mengambil tinta dan melepaskan ke kertas.
6. Tahan terhadap tekanan, bahan pencuci selama pembentangan.
7. Tidak menyerap minyak dari tinta cetak dan debu kertas tidak mudah melekat dipermukaanya.

Selain daripada itu, harus diperhatikan pula perawatan yang baik dan benar karena pada dasarnya kualitas blanket akan berpengaruh pada kualitas cetak yang dihasilkan. PT. Grafa Intercontinental menyediakan berbagai bahan pembantu cetak untuk perawatan blanket yang tentunya memili kualitas sangat baik.

Klik link dibawah untuk melihat produk
https://bit.ly/3DolvlA - SMASH ( Blanket Repair)
https://bit.ly/3coDPPI - SPARE GUM

Semoga informasi ini dapat membantu kita semua ya.. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan!

Salam hangat,
PT. Grafa Intercontinental

Contact : +6221 4786 6077
WhatsApp : +6287 88938 1645
Instagram : @grafa_online
Tokopedia : GrafaOnline

Jl. Kayu Putih IV Blok C No.8,
Pulo Gadung,  Jakarta Timur 13260
Indonesia

 

© Copyright 2024 - Grafa
Website by Webtivia