JENIS-JENIS BLANKET (Kain Karet) pada mesin cetak

Salam Sejahtera para Grafika, Bapak dan Ibu se-tanah air yang kami hormati,

Blanket adalah komponen utama yang dibutuhkan untuk proses mencetak karena fungsi utamanya adalah sebagai alat penghantar tinta ke media kertas. Namun blanket juga memiliki kriteria tersendiri yang dapat dikategorikan sebagai blanket yang baik untuk digunakan dalam proses mencetak. Klik link berikut untuk melihat artikel mengenai kriteria blanket https://bit.ly/3l7lzPo
Kali ini kami akan membahas mengenai jenis-jenis blanket (kain karet) yang sering dijumpai dalam dunia percetakan.

JENIS-JENIS BLANKET (Kain Karet)
Tergantung dari susunan lapisan-lapisannya, kain karet terdiri dari :
a. Kain karet termampatkan (blanket convensional). Susunan fisiknya terdiri atas lapisan karet dan kain fabric yang letaknya berselang-seling, yang masing-masing karet dihubungkan dengan karet penghubung.
b. Kain karet tak termamparkan (blanket compressible). Jenis ini kondisi fisik dilengkapi dengan gelembung udara/rongga udara atau sel-sel gas yang ukurannya sangat kecil/mikroskopic.

Perbedaan dari kedua jenis kain karet dalam pemakaian :
1) Pada blanket convensional memperlihatkan ketahanan tinggi terhadap tekanan. Hal ini disebabkan karena susunan lapisannya dihubungkan dengan karet elastis biasa yang volumenya tetap. Dengan volume yang tetap ini, pada saat kain karet memperoleh tekanan, maka karet penghubung yang volumenya tetap akan bergerak kesamping sehingga akan merubah bentuk semula. Sehingga akan merubah bentuk dari gambar yang diterima dari pelat.
2) Sedangkan blanket compresible yang dilengkapi dengan gelembung/sel-sel gas yang sagat kecil, tidak memperlihatkan perbedaan bentuk pada saat menerima tekanan dibanding dengan kain karet biasa. Gelembung mikroskopis ini berfungsi meredam tekanan sehingga bentuk pemukaan karet tetap seperti semula tanpa adanya perubahan bentuk.

Selain daripada itu, harus diperhatikan pula perawatan yang baik dan benar karena pada dasarnya kualitas blanket akan berpengaruh pada kualitas cetak yang dihasilkan. PT. Grafa Intercontinental menyediakan berbagai bahan pembantu cetak untuk perawatan blanket yang tentunya memili kualitas sangat baik.

Klik link dibawah untuk melihat produk
https://bit.ly/3DolvlA - SMASH ( Blanket Repair)
https://bit.ly/3coDPPI - SPARE GUM

Semoga informasi ini dapat membantu kita semua ya.. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan!

Salam hangat,
PT. Grafa Intercontinental

Contact : +6221 4786 6077
WhatsApp : +6287 88938 1645
Instagram : @grafa_online
Tokopedia : GrafaOnline

Jl. Kayu Putih IV Blok C No.8,
Pulo Gadung,  Jakarta Timur 13260
Indonesia


 

© Copyright 2024 - Grafa
Website by Webtivia