SIFAT-SIFAT TINTA (Ink Property)

Salam Sejahtera para Grafika, Bapak dan Ibu se-tanah air yang kami hormati,

Pembahasan kali ini adalah seputar sifat-sifat tinta yang belum banyak diketahui oleh sahabat Grafika. PT. Grafa Intercontinental akan membagikan informasi dan penjelasan mnegenai sifat tinta yang sering Grafika temui di kehidupan sehari-hari. Mari kita simak..

SIFAT-SIFAT TINTA (ink property)
a. Tackyness
Adalah sifat lengket/kelengketan atau gaya tahan terhadap tarikan suatu zat yang bersifat lengket (diukur dengan inkometer). Tackyness dapat disesuaikan dengan kecepatan mesin dan jenis kertas. Penyesuaian ini dimaksudkan agar pemisahan (release) tinta yang lengket pada permukaan blanket dapat diambil oleh kertas dengan baik (tidak terjadi picking)

b. Viscositas
Adalah kekentalan atau kekuatan body tinta (internal friction) dari suatu zat cari terhadap kemampuan alirnya, (diukur dengan viscometer, satuany centipoise (cP). Tinggi rendahnya viscositas disesuakan dengan kecepatan mesin dan jenis kertasnya.

c. Flow
Adalah daya alir tinta agar dapat turun dengan baik, mulai dari baik tinta sampai ke kertas (istilah fisika disebut sifat RHEOLOG). Dengan adanya energy gaya yang diberikan kepada suatu cairan, maka cairan tersebut dapat mengalir.

DENSITOMETER
  • Density warna, adalah kekuatan warna berdasarkan refleksi earna atau besar kecilnya pantulan warna saat pengukuran
  • Densitometer umumnya dipergunakan untuk mengukur bidang penuh (blok) pada tinta proses, tetapi juga mampu mengukur dot area, trapping, print contrast dan hua error.
  • Contoh hasil pengukuran warna proses diatas coated paper : Cyan (1.6) , Magenta (1.45 - 1.5), Yellow (1.3), Black (1.8) 
WARNA PANTONE
a. Pantone adalah perusahaan pembuat color guide dengan berbagai macam Type Substrate yang cukup dikenal secara internasioanl. Dengan menunjuk nomor warna yan gdiinginkan, kita dapat berkomunikasi tentang warna secara luas dan langsung mengerti maksud dan tujuannya. Sebagai pemegang Lisensi wajib secar periodik memeriksakan Color Base untuk menjamin konsistensi warna di Color Guide Pantone, selanjutnya dapat dibuat warna sesuai dengan formulasi warna pantonenya. Ini sangat mendukung kelancaran produksi.

PANTONE PROCESS DAN HEXACHROME
Pengembangan 6 warna oleh pantone process didasari pada ketidakpuasan pada hasil cetak 4 warna yang selalu tidak dapat mengimbangi hasil cetak dari monitor (R,G,B). Sehingga untuk membentuk Gammut warna yang lebih besar ditambah warna Orange dan Green dengan keseluruhan warna memakai zat pewarna (pigment) khusus. System ini memberi wawasan baru atau dimensi baru tentang warna proses. 

CALIBRASI DAN PEMELIHARAAN
Adalah suatu sistem untuk mengatur/menetapkan kemampuan/jangkauan alat/perlengkapan (calibration card) yang terdapat bidang putih murni dan bidang hitam pekat, nilai hasil ukur itu mencerminkan kemampuan ukur densitometer terhadap bidang yang paling putih dan yang paling gelap.

PEMELIHARAAN DENSITOMETER
  • Membatasi pengisian kembali power source
  • Menjaga agar optics tetap bersih
  • Check kalibrasi memakai Calibration Card
  • Menjaga Calibration Card agar tetap bersih, disimpan tempat tidak langsung kena sinar
  • Pengukuran ditempat yang rata, terbebas dari getaran dan tidak ada cetakan dibawahnya.

Semoga informasi ini dapat membantu kita semua ya.. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan!

Salam hangat,
PT. Grafa Intercontinental

Contact : +6221 4786 6077
WhatsApp : +6287 88938 1645
Instagram : @grafa_online
Tokopedia : GrafaOnline

Jl. Kayu Putih IV Blok C No.8,
Pulo Gadung,  Jakarta Timur 13260
Indonesia

 

© Copyright 2024 - Grafa
Website by Webtivia